Sabtu, 06 Desember 2014

Terminal Server

Client-Server  adalah arsitektur  jaringan yang memisahkan  client (biasanya  aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server.

Tipe Client-Server
1.      File Servers
2.      Database Servers
3.      Transaction
4.      Groupsware Servers
5.      Object Application Servers
6.      Web ApplicationServers (Aplikasi Web Servers)

Tipe Thin Client
Thin client adalah salah satu bentuk jaringan komputer terpusat. Bayangkan Anda berada pada suatu ruangan yang penuh dengan komputer, laboratorium komputer misalnya. Seluruh komputer di ruangan itu terhubung dengan jaringan. Di bagian depan ruangan terdapat sebuah komputer PC lengkap yang bertindak sebagai server. Sedangkan sisanya adalah komputer client.
Komputer client tersebut hanya berupa monitor, keyboard, dan mouse saja. Sedangkan CPU, harddisk, RAM, dan komponen komputer lainnya berada di server. Jadi ketika Anda menjalankan software di komputer client, itu sama saja Anda menjalankan software yang berada di server.
Dari sisi server, komputer-komputer client tersebut adalah layaknya “user” yang ada pada system operasi. Bedanya, semua user tersebut aktif dalam satu waktu ketika seluruh komputer client digunakan. Mengapa Menggunakan Thin Client? Tentunya ada beberapa alasan mengapa menggunakan thin client. Berikut ini adalah penjelasannya.

Keuntungan thin client adalah
1.      Kita hanya perlu melakukan pengelolaan terhadap aplikasi yang lokasinya hanya ada di server.
2.  Keuntungan yang diterapkan thin client seperti di kantor, sekolah ataupun perusahaan yang menerapkannya dapat meminimalkan biaya infrastruktur komputer. 

  Beberapa kelebihan thin client lainnya :
1.   Perawatan mudah. Artinya kita tidak perlu meng-install software satu persatu tidak seperti jika menggunakan PC biasa.
2.   Terlihat lebih rapi. Karena bentuk dari thin-clinet relative kecil (kurang lebih sebesar modem DSL) dan dapat ditempel di belakang monitor LCD.
3.   Management data lebih mudah. Karena diposisikan sebagai user (remote desktop user), maka masing-masing user memiliki file dokumen sendiri sesuai dengan nama user yang didaftarkan saat proses instalasi server.
4.     Management software juga lebih mudah. Dengan system ini kita bias mengatur software apa yang bias ditampilkan kemasing-masing user.
5.    Penggunaan daya lebih kecil. Jika dilihat dalam buku manual, thin-client ini hanya mengkonsumsi daya sebesar maksimal 5V x 2 A atau maksimal 10 watt aja (efesiensi biaya).
6.   Legalitas. Karena hanya menggunakan 1 Operating Sistem, maka biaya yang dikeluarkan pun hanya untuk 1 OS.

Remote Desktop Connection
Remote desktop connection merupakan sebuah cara kerja dimana kita dapat mengakses komputer inti yang menjadi pusat data di ruangan utama dari ruang kerja yang disediakan perusahaan tempat proyek tengah dilakukan.
Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga. Fitur Remote Desktop ini terutama dapat dinikmati pada komputer dengan sistem operasi Windows XP. Selain Windows XP, sistem operasi yang memiliki fitur ini adalah Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008. Dengan menggunakan Remote Desktop ini, kita dapat mengakses data, menggunakan aplikasi, dan hal lainnya meskipun anda jauh dari komputer anda tapi anda seolah-olah sedang berada di depan komputer yang tengah anda akses secara remote tersebut. Selama koneksi internet anda cukup stabil, anda dapat mengakses bahkan memperbaiki komputer anda tanpa harus berada di depannya.

Terminal Server
Terminal server adalah perangkat kera atau server yang memungkinkan 1 atau lebih terminal untuk terkoneksi ke jaringan Local Area Network (LAN) atau internet tanpa membutuhkan setiap terminal mempunyai NIC (Network Interface Card) atau modem. Terminal disini maksudnya bisa PC, printer atau perangkat lainnya dengan serial port interfacenya RS-232 / RS-423. Terminal server bisa mendukung koneksi hingga 128 perangkat terminal. Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server digunakan untuk menyediakan akses ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
Terminal server adalah salah satu arsitektur dari terminal service. Sebuah layanan yang digunakan untuk mengakses data, aplikasi sampai dekstop windows yang terdapat di sebuah komputer / server jarak jauh melalui sebuah jaringan. Terminal Server adalah komponen server layanan Terminal. Ini menangani tugas otentikasi klien, serta membuat aplikasi yang tersedia dari jarak jauh. Hal ini juga dipercayakan dengan tugas membatasi klien sesuai dengan tingkat akses yang mereka miliki. Terminal Server dapat digunakan dalam cluster juga.
Salah satu implementasi terminal server terdapat pada windows server 2008. Terminal Server juga dapat berintegrasi dengan Windows Sistem Resource Manager untuk throttle penggunaan sumber daya dari aplikasi remote.
Terminal Server dikelola oleh Terminal Server Manager Microsoft Management Console snap-in. Hal ini dapat digunakan untuk mengkonfigurasi masuk persyaratan, serta untuk menegakkan satu contoh dari sesi remote.

Beberapa komponen penting dari terminal server :
1.      Server
2.      User dan Input Devices
3.      Displays
4.      Operating System dan Applications

Kelebihan :
1.      Resources tidak terbuang sia–sia karena resources ada di Server
2.   User tidak perlu menginstall aplikasi yang dibutuhkan karena di server sudah ada dan tinggal diakses
3.      Biaya murah karena tidak perlu Pc yang mahal untuk mengakses Terminal Server
4.      User tidak perlu ke ruang server untuk mengakses server
5.      Efisiensi dalam penggunaan software dan hardware
6.  Dengan system terminal server, perusahaan dapat melakukan efisiensi dan maintenance lebih mudah karena terpusat dan integrated
7.      PC client dapat menggunakan system operasi manapun, seperti Windows, Linux, Machintos,
8.   Hemat Resource, karena yang diberdayakan hanya server yang bertindak sebagai Terminal dan untuk setiap user yang menggunakan software yang berada di terminal server dapat berdiri sendiri layaknya PC desktop.
9.  Sangat efisien digunakan untuk mengoperasikan software-software multi user yang menuntut bekerja secara client server seperti software casir, accounting, billing system, Purchase, POS… yang tidak dibatasi oleh lokasi yang berbeda karena system koneksitasnya dapat melalui internet dengan system VPN di atas.
10.  Terminal Server dapat dimanage sehingga disisi client hanya menjalankan Aplikasi tertentu saja.
11.  Data transfer tidak memerlukan bandwith yang besar
12.  Dapat Membuat sebuah aplikasi yang sebenarnya tidak bisa berjalan secara client server menjadi dapat dioperasikan berjalan secara client server.
13.  Penggunaan terminal ini dapat memanfaatkan printer local atau disk drive local secara mandiri.
14.  Penggunaan aplikasi dengan multi user dengan sistem terpusat lebih mudah dalam melakukan maintenance.

Kekurangan :
1.      Membutuhkan local computer yang rentan terkena virus dan spyware karena antivirus terinstall di server
2.      Software yang digunakan setiap user harus sama karena software berasal dari server.
3.      Performance nya akan rendah jika server rusak
4.    Ada beberapa software yang tisak sesuai karena terminal server berjalan di windows. Misalnya windows server 2008 nah ada beberapa yang tidak sesuai jika diinstall di server
5.      Tidak untuk multimedia seperti video dan sound karena didesain untuk business


Tidak ada komentar:

Posting Komentar